Jumat, 21 April 2017

TENTANG MUSEUM BOEMI POEGER





Oleh
Y. Setiyo Hadi
Penggagas dan Pengelola Rumah Sejarah
Pengelola Museum Boemi Poeger


Museum Boemi Poeger dilaunching pertama kali pada tanggal 23 Desember 2013. Semula namanya adalah Museum Salam Boemi Poeger, selanjutnya disebut sebagai Museum Boemi Poeger, merupakan institusi nirlaba yang berupayan mengumpulkan, memelihara serta memamerkan berbagai warisan sejarah dan budaya yang ada di Boemi Poeger (kewilayahan historis dari Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember).


Boemi Poeger merupakan terjamahan dari Landsschap Poegar. Landschap Poegar atau Boemi Poeger merupakan wilayah historis / kesejarahan dari Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso yang dibuktikan dengan adanya peta kuno dari Valentijn yang menjadi satu kesatuan dari buku perjalanannya yang diterbitkan pada abad ke-18 Masehi.


Pengambilan Sumber Dari Peta Tersebut Dari : FRANÇOIS VALENTIJN (1666-1727) Oud En Nieuw Oost-Indiën, Vervattende Een Naaukeurige En Uitvoerige Verhandelinge Van Nederlands Mogentheyd In Die Gewesten, Benevens Een Wydlustige Beschryvinge Der Moluccos, Amboina, Banda, Timor, En Solor, Java, En Alle De Eylanden Onder Dezelve Landbestieringen Behoorende...Als Ook...Van Coromandel, Pegu, Arracan, Bengale, Mocha, Persien, Malacca, Sumatra, Ceylon, Malabar, Celebes Of Macasssar, China, Japan, Tayouan Of Formosa, Tonkin, Cambodia, Siam, Borneo, Bali, Kaap Der Goede Hoop En Van Mauritius. Dordrecht And Amsterdam: Johannes Van Braam, Gerhard Onder De Linden, 1724-1726. Peta Tersebut Dengan Jelas Memperlihatkan Bahwa Wilayah Kabupaten Jember Dan Bondowoso, Juga Lumajang, Adalah LANDSCHAP POEGAR. Peta Ini Kemudian Direproduksi Sebagai Koleksi Dari Museum Boemi Poeger.


Museum Boemi Poeger ditujukan sebagai upaya pelayanan bagi masyarakat umum berkaitan dengan pentingnya pengembangan kesadaran sejarah dan budaya dalam masyarakat. Museum merupakan suatu badan tetap, tidak tergantung kepada siapa pemiliknya melainkan harus ada . Museum, selain mempunyai fungsi sebagai tempat kesenangan, juga untuk kepentingan kajian / pendidikan dan penelitian. Museum merupakan lembaga yang terbuka untuk umum dan ditujukan untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat.


Internasional Council Of Museum (ICOM), sebagai Dewan Internasional Museum, mendefinisikan museum sebagai sebuah lembagai yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan, dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan-tujuan studi, pendidikan dan rekreasi.


Peran dan fungsi fungsi museum sangatlah penting bagi upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada umumnya. Museum selain tempat rekreasi, juga sebagai sarana obyek penelitian ilmiah dan kebudayaan.


MUSEUM BOEMI POEGER sebagai sarana dan fasilitas pelestarian dan pengembangan cagar budaya di wilayah Kabupaten Jember dan Kebupaten Bondowoso (yang dulunya adalah Landschap Poeger / Boemi Poeger), juga tingkat propinsi maupun tingkat nasional.


Jember, 20 April 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar