Senin, 17 April 2017

PENGERTIAN SEJARAH




Oleh
Y. Setiyo Hadi
Penggagas dan Pengelola Rumah Sejarah


Sejarah, umumnya, diartikan sebagai masa lalu. Pengertian sejarah dalam konteks kemanusian terkait tiga unsur, yaitu: peristiwa atau aktifitas manusia (events), ruang (space) tempat manusia hidup, dan waktu (time) yang menjadi alur proses kehidupan manusia dalam suatu tempat atau ruang.

Kehidupan manusia merupakan rangkaian peristiwa dari aktifitas yang dilakukan manusia dalam suatu ruang yang berproses dalam durasi atau interval waktu tertentu. Terkait waktu, waktu merupakan durasi atau interval lamanya suatu peristiwa terjadi pada suatu tempat, terbagi dalam tiga waktu: dulu, kini, dan akan (ke depan).

Manusia hidup dalam tiga kerangka waktu (proses aktifitas manusia dalam suatu ruang), yaitu: Masa Dahulu, Masa Kini, dan Masa Depan. Berbagai peristiwa yang dialami manusia menjadi pengalaman (experience) dan pengetahuan (knowledge) yang dimiliki manusia.

Kembali ke pengertian sejarah, sejarah menyangkut pembahasan terkait dengan berbagai peristiwa yang dialami manusia pada masa lalu. Ada dua pengertian tentang sejarah, yaitu: sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah.

Sejarah sebagai peristiwa, yaitu: berbagai peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu. Peristiwa memiliki sifat yang unik, yaitu: hanya satu kali terjadi, yang menjadi karakter dari peristiwa bersejarah.

Sejarah sebagai kisah, yaitu: cerita / kisah yang dituturkan dan atau ditulis mengenai suatu peristiwa bersejarah. Kisah bersejarah ini disusun berdasarkan jejak-jejak dari dari peristiwa yang telah terjadi (kemudian dikenal sebagai sumber sejarah). Perkembangan dari sejarah sebagai kisah menjadikan sejarah sebagai ilmu dan sejarah sebagai seni.

Jember, 17 April 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar